FUNGSI BISNIS BARANG DAN JASA

FUNGSI BISNIS PADA RADAR MALANG

Kegiatan Business Practice 4 hari Kamis tanggal 18 Mei 2017 mendatangkan pembicara terkenal yakni direktur Radar Malang yang bernama Bapak Kurniawan Muhammad. Beliau memaparkan tentang seluk beluk Radar Malng yang menjalankan dua fungsi bisnis sekaligus yaitu barang dan jasa.
Pada tahun 1980 an Radar Malang tidak lepas dari keberadaan Jawa Pos Biro Malang. Pada tahun 1999 diberlakukannya otonomi daerah dan Jawa Pos membuat 7 radar Jatim sebagai pelopor koran daerah. Radar yang berarti untuk mengetahui berita daerah. 7 radar yang berdiri pada tahun 1999:
1.         Kediri
2.         Jember
3.         Bromo (Pasuruan dan Probolinggo)
4.         Madiun (Pacitan dan Ponorogo)
5.         Bali
6.         Madura
Sekarang Jawa Timur sudah ada 12 radar
7.         Banyuwangi
8.         Surabaya
9.         Tulungagung
10.     Mojokerto
11.     Jombang

Jawa Pos sebagai holding (perusahaan induk) mempunyai banyak anak perusahaan dengan berbagai macam jenis.
a.         Media cetak
Mempunyai koran berjumlah 300 setiap provinsi, majalah berjumlah 100 dan tabloid berjumlah 70. Radar Malang masuk Jawa Pos Radar (JPR) yang berjumlah 18 lokal (Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bali).  Radar Malang sampai saat ini terbesar dalam hal oplah dan kapitalisasi (omset dan laba).
b.        Media elektronik, ada 35 televisi local
c.         Media online (Jawa Pos digital dan Jawa Pos.com)
d.        Hotel (New Hotel)
e.         Percetakan (Temprina)
f.          Pabrik Kertas (Adiprima Suraprinta)
g.         Power Plant

Bisnis koran merupakan bisnis yang khas karena mempunyai dua sisi  yaitu satu sisi produknya sebagai barang dan satu sisi sebagai jasa dan juga memiliki jam kerja yang khas (divisi redaksi). Selain itu juga mempunyai dua sisi yang secara ideologi berbeda. Ideologinya yaitu :
1.      Idealis (news) : kepentingan dan keinginan publik
2.      Bisnis (iklan) : keinginan dan kepentingn public

Tantangan yang dihadapi oleh Radar Malang :
1.        Gempuran online, media sosial, dan media elektronik.
2.        Life style yang berubah
      Orang semakin suka dengan hal yang praktis
3.        Perubahan demografis
ü  Angka usia muda ynag memiliki trend yang selalu meningkat
ü  Koran ditantang untuk selalu bisa menyesuaikan dengan keinginan pembaca yang     semakin mudah.

Yang dilakukan radar Malang agar tidak kalah dengan media online yaitu:
1.        Strategi konten. Pola pemberitaan lebih indent, invertigative, dan blow up.
2.        Membuat online berbasis print (edisi cetak)
3.        Strategi dekat dengan pembaca/masyarakat
4.        Menggaet minat pembaca muda
5.        Menggaet komunitas, keluarga dan perempuan
6.      Harus selalu berada dalam “alam bawah sadar” pembaca. Membutuhkan off prin (event), Radar Malang selalu mengadakan event mingguan maupun bulanan)

Divisi Radar Malang
1.      Redaksi
2.      Iklan
3.      Koran, event dan pengembangan bisnis
4.      Keuangan
5.      HRD dan umum

Unsur Strategi Marketing Radar Malang
1.      Penentuan Segmentasi, Targeting, Positioning
Segmentasi merupakan bidikan, Targeting merupakan destinasi, dan Positioning merupakan kemampuan dalam posisinya yang kokoh dan semakin kuat.
ü  Segmentasi prioritas (menenngah kelas B, menengah ke atas kelas AB, atas kelas A)
ü  Young people
ü  Women, Netizen, dan young family
2.      Perencanaan Produk
Packaging harus selalu menarik, dinamis, memudahkan pembaca dan kreatif. Salah satu yang memegang peranan penting adalah lay out.
3.      Manajemen Harga
Ada harga psikologis yang harus dijaga. Di dalam harga koran, ada margin yang harus dibagi dengan agen.
4.      Distribusi
Percetakan à Ekspedisi à Agen à Sub Agen à Striker à Pembaca / Pelanggan/ Pembeli
Karena sangat mengandalkan agen, sub agen dan striker, maka harus benar-benar bisa me-maintenance mereka dengan baik. 
5.       Promosi dan Komunikasi
a.    Promotion by Product
Bisa meyakinkan dan membuktikan kepada pelanggan, pembeli, pembaca, public bahwa:
ü Produk kita berbeda
ü Produk kita nomor satu
ü Produk kita berpengaruh

b.   Promotion by customer satisfaction
ü Promosi dengan target kepuasan pelanggan
ü Tidak  menjual iklan/koran secara langsung, tapi menjual ide/konsep sesuai       kebutuhan klien.
c.    Promotion by recognition
Yakni pengakuan dari klien-klien loyal dan fanatik
d.   Promotion by Achievement
Promosi dengan penghargaan-penghargaan atau prestasi.

HRD  (Human Resources Department)
Mapping Karyawan
Keahlian atau penilaian terhadap plus minus karyawan.
Status
*) Percobaan  à Kontrak
*) Kontrak       à Karyawan
*) Karyawan    à Istimewa
                              Baik
                              Standart
                              Kurang
                              Mbencekno





Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUNJUNGAN PERUSAHAAN ROYAL ATK

Empat Fungsi Bisnis Perusahaan Manufaktur