Empat Fungsi Bisnis Perusahaan Manufaktur




Kegiatan BP 4 tanggal 6 April 2017 adalah Kuliah Tamu yang kedua dengan narasumber yang berkompeten di bidangngya. Kali ini narasumber yang mempunyai banyak pengalaman tentunya dan juga beliau merupakan pengurus dari Orang Tua Group (OT). Beliau adalah Dr. David Sukardi Kodrat, MM., CPM. Pada kesempatan kali imi beliau akan memaparkan empat fungsi bisnis pada perusahaan manufaktur yaitu Marketing, Finance, HRD, & Production.
Dalam membahas empat fungsi bisnis pada perusahaan manufaktur yaitu Marketing, Finance, HRD, & Production beliau mengajak kami para mahasiswa ASIA Malang untuk berdiskusi tentang Studi Kasus Olimpic Furniture.
Kunci Sukses yang diterapkan Olimpic
1.      Melakukan inovasi produk
2.      Mengeluarkan produk-produk baru dengan desain yang baru
3.      Memperkuat pasar lokal
4.      Melakukan penetrasi ke pedesaan dengan
5.      mengembangkan furnimart
6.      Melakukan pengembangan SDM 
Fungsi Sumber Daya Manusia
Kualitas Kualitas Lulusan Perguruan Tinggi yang Dibutuhkan Dunia Kerja
1.      Komunikasi
2.      Integritas
3.      Bekerjasama
4.      Interpresonal
Perbedaan Good Company VS Great Company
1. Kepemimpinan
2. Karyawan yang kompeten pada posisi yang tepat (right  man on the right place) Siapa ...Apa…
Poin yang lebih penting adalah “pertanyaan tentang siapa” selalu lebih dahulu dibanding “pertanyaan tentang apa”. Good to great companies selalu bergerak pertama-tama dengan berpikir tentang manusia, baru kemudian berbicara mengenai strategi, anggaran, struktur organisasi, dll.
3. Sikap fokus yang pantang menyerah
4. Menjadi yang terbaik dalam bidangnya
5. Budaya disiplin
6. Teknologi sebagai pengungkit
KSF FUNGSI SDM
1.      Rekruitmen
2.      Pelatihan dan penempatan
3.      Kinerja & Pengembangan
4.      Renumerasi
5.      Carier Plan dan Program pension
FUNGSI PRODUKSI
Konsep Desain
1.    Padukan aspek estetika emosional dan fungsional Rasional.
2. Untuk merangkai elemen-elemen visual dibutuhkan komposisi dan proporsi yang selaras dengan “rasa” yang “menciptakan” dan selaras dengan “selera” yang “menikmati”.
3. Desain yang baik memiliki kecenderungan untuk memenangkan persaingan dan menguasai pasar.
KSF Fungsi Produksi
1.    Pemilihan bahan baku dan suplier -> PEMBELIAN
2. Proses produksi -> PRODUKSI
3. Penyimpanan bahan baku dan barang jadi-> LOGISTIK
4. Pengawasan mutu dan pengembangan -> R&I
5. Pemeliharaan -> TEKNIK
6. Perencanaan kebutuhan barang jadi hingga  kebutuhan bahan baku -> PPIC
FUNGSI PEMASARAN
1.    Pertimbangan Konsumen
a.       Tahan lama
b.      Kekuatan konstruksi
c.       Desain
d.      Harga
e.       Kemudahan memasang
f.        Banyaknya variasi produk
g.      Warna
h.      Display di toko
i.        Ukuran
j.        Layanan yang diberikan
k.      Pengantaran
l.        Pemasangan
2.    Tempat Pembelian
a.       Mal atau yang berdiri sendiri
b.      Hipermarket
c.       Toko Komputer
d.      Columbia
e.       Pameran furniture
KSF STRATEGI MARKETING 
KSF TAKTIK MARKETING
 
KUNCI MEMBANGUN TOP BRAND
a.       Quality before price
b.      Innovation before cost
c.       Engagement before sales
FUNGSI KEUANGAN
Laporan keuangan berupa neraca akan memberikan informasi tentang jumlah aktiva, pasiva maupun hutang yang kita miliki. Untuk aktiva tetap dan ativa lancer digunakan untuk keputusan investasi, pasiva (utang lancar dan jangka panjang) digunakan untuk keputusan pendanaan, sedangkan modal pemilik merupakan untuk keputusan deviden.
Pengelolaan Modal Kerja
1.      Konsep Kuantitatif
Jumlah dana yang dibutuhkan untuk membiayai aktivitas perusahaan yang bersifat rutin
Rumus: Total Aktiva Lancar (Gross Working Capital)
2.      Konsep Kualitatif
Kelebihan aktiva lancar terhadap utang jangka pendek
Rumus: Total Aktiva Lancar – Total Utang Lancar (Net Working Capital)
3.      Konsep Fungsional
Dana yang dimiliki perusahaan yang digunakan untuk menghasilkan laba sesuai dengan usaha pokok perusahaan
Rumus: Kas + Piutang + Persediaan + Depresiasi
Kebutuhan Modal Kerja Berdasarkan Tingkat Operasi
Perusahaan dengan tingkat penjualan Rp120 juta / thn. HITUNG: Berapa modal kerja yang dibutuhkan jika rata-rata penjualan kredit 2 bulan dan 1 bulan dengan tingkat keuntungan (profit margin) sebesar 10%.
Kebutuhan Modal Kerja Berdasarkan Tingkat Operasi
Jika rata-rata penjualan kredit 2 bulan maka modal kerja yang dibutuhkan: (Rp120.000.000 / 6) x 0,9 = Rp18 juta
Jika rata-rata penjualan kredit 1 bulan maka modal kerja yang dibutuhkan: (120.000.000 / 12) x 0,9 = Rp9 juta
Manfaat Modal Kerja
·      Melindungi perusahaan dari krisis karena turunnya nilai aktiva lancar.
·      Kekurangan modal kerja dapat membuat perusahaan kesulitan membayar utang jangka pendek atau menangkap peluang-peluang yang menguntungkan.
·      Kelebihan modal kerja akan mengurangi keuntungan perusahaan karena modal kerja harus dibiayai sumber-sumber yang memerlukan biaya seperti pinjaman dengan tingkat bunga tertentu.











Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUNJUNGAN PERUSAHAAN ROYAL ATK

FUNGSI BISNIS BARANG DAN JASA